Mengecilkan Ukuran Partisi

Mengecilkan Ukuran Partisi

Pada layar Manajemen Disk, klik kanan pada partisi yang ingin Anda kecilkan, dan pilih “Shrink Volume” dari menunya.

Dalam kotak dialog “Shrink”, masukkan lah ukuran partisi yang akan kita pakai nantinya, misalnya kita mau membuat partisi baru sebesar 10Gb (dari 50GB), ketikkan 10000 di kotak “Enter the amount of space to shrink in MB:”

Menambah Ukuran Partisi

Pada layar Manajemen Disk, klik kanan pada partisi yang ingin Anda tambah, dan pilih “Extend Volume” dari menunya.

Pada layar ini, kita akan mengembalikan partisi yang telah dikecilkan tadi ke ukurannya semula (50GB) jadi masukkan kembali nilai 10000 ke kotak “Select the amount in MB:”

Demikian cara untuk mengecilkan dah menambah ukuran partisi di windows 7 dan vista, jadi jika kita ingin menambah partisi baru, kecilkan dulu partisi aslinya, kemudian buatlah partisi baru dengan cara klik kanan partisi kosong ( 10000 Unlocated ) dan pilih “New simple volume”. Kemudian jendela baru akan muncul “New simple volume wizard”. Klik Next:

Selanjutnya pada jendela berikut jika kita ingin mengubah ukuran partisi yang akan dibuat nanti, tinggal masukkan ukuran yang baru, jika tidak, klik next.

Pada jendela berikut, kita akan ditunjukan untuk memilih partisi baru apakah menjadi drive E: ataupun kita ingin menjadikannya partisi F: dll. Klik next.

Kemudian kita akan diberikan pilihan untuk memilih jenis partisi apakah mau dibuat dengan partisi FAT,FAT32 ataupun NTFS, dan opsi untuk memformat partisi baru secara cepat ( Perform a quick format ), dan nama partisi. ( Volume Label ). gantilah namanya dengan nama yang anda inginkan, misalnya partisi ini nanti kita akan isi os ubuntu, jadi tuker ajah pake nama Ubuntu Linux, di kotak “Volume label:” sesudah itu klik “Next”.

Di jendela selanjutnya tinggal klik tombol “Finish”, selanjutnya windows 7 akan melakukan proses pemformatan partisi baru yang kita buat, setelah selesai maka akan muncul drive baru di windows explorer atau di my computer, dengan nama drive E: ( jika tadi memilih memakai drive E: ), partisi baru ini siap untuk kita isi dengan operating sistem baru, ataupun untuk menyimpan dokumen dll.

Komentar anda ???

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s